Dampak Cuaca Buruk, Longsor Tutup Akses Jalan Surade

JAMPANG SURADE -- Akibat hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Sukabumi Selatan Jawa Barat, telah menyebabkan bencana alam seperti, tebing setinggi 15 meter longsor sehingga menutup akses jalan Surade. Selain itu, banjir setinggi pinggang orang dewasa juga menerjang wilayah Kalibunder. Dari informasi yang dihimpun, diduga bencana longsor terjadi sejak malam tadi. Bahkan, hingga saat ini di sekitar lokasi masih terjadi longsoran berupa material bebatuan yang berjatuhan menutup ruas jalan selebar 5 meter tersebut.
Salah seorang warga Kampung Cimanggis, Desa Waluran Kecamatan Waluran Dede Intan (29) mengatakan, akibat insident tersebut akses jalan tertutup longsor merupakan jalan alternatif utama dari arah Surade menuju wilayah Sukabumi." Ada warga yang terjebak ditengah-tengah longsor, tetapi akhirnya bisa menyelamatkan diri. Sekitar Pukul 06.30 WIB belum ada yang melakukan pembersihan di sekitar lokasi," kata Dede kepada wartawan Sabtu, (11/04). Lebih lanjut Dede menjelaskan, tertutupnya akses jalan tersebut membuat pengguna harus rela memutar melalui jalan Palabuhanratu untuk menuju Sukabumi. "Apabila melalui jalan itu jarak tempuhnya berlipat, bisa memakan waktu lebih dari tiga jam," jelasnya.
Di tempat yang berbeda, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Usman Susilo menjelaskan, menurutnya akibat cuaca ekstrim yang melanda Sukabumi Selatan telah menyebabkan bencana di beberapa titik." Untuk kasus longsor di ruas jalan Surade, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi untuk memberisihkan material ongsoran. Info lain di wilayah Kecamatan Kalibunder genangan air sepinggang orang dewasa akibat luapan sungai juga terjadi, petugas hingga saat ini masih melakukan pendataan dan pengechekan," pungkasnya. Dtk
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar